MANFAAT KAYU CENDANA

Manfaat Kayu Cendana
====================










Kayu cendana bukanlah hal yang asing di telinga manusia. Kayu cendana termasuk ke dalam salah satu jenis komoditas yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan harganya cukup menjanjikan. Karena salah satu sebab itulah jenis kayu ini banyak dicari. Jika dilihat dari sisi tekstur, kayu ini tergolong jenis kayu yang kokoh dan kuat. Karena kekuatannya, kayu ini banyak digunakan sebagai furniture bangunan. Sebenarnya, cendana tergolong jenis tanaman  parasit yang membutuhkan inang untuk bisa tumbuh dan menjadi besar. Hal tersebut disebabkan karena pohon cendana mempunyai akar yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kehidupannya sehingga dibutuhkanlah inang yang membuat tanaman ini kuat dan kokoh. Pohon cendana memang termasuk ke dalam jenis tanaman yang sulit untuk dikembangkan. Namun, getah cendana ini sangat kaya manfaat untuk kesehatan.



Ada dua jenis kayu cendana yang tumbuh di dunia ini, pertama adalah kayu cendana merah dan kedua adalah kayu cendana putih. Kayu cendana merah merupakan jenis kayu cendana yang secara kualitas berada di bawah kayu cendana putih. Kayu cendana jenis ini banyak tumbuh di daerah India. Sedangkan untuk jenis kayu cendana putih banyak tumbuh di daerah Nusa Tenggara Timur. Kayu cendana sendiri memiliki ragam manfaat di berbagai bidang. Diantaranya adalah bidang industry, kesehatan, dan kecantikan. Selain pohon dan daun, getah cendana ternyata juga bisa dimanfaatkan. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui berbagai manfaat tersebut. Pada kesempatan berikut ini, Anda akan diberikan ulasan mengenai manfaat dan khasiat getah cendana untuk kesehatan…
1. Membantu mengatasi masalah peradangan

Manfaat pertama dari getah kayu cendana adalah mampu mengobati masalah peradangan. Baik itu karena adanya kontraksi ataupun guncangan hebat.
2. Membantu mencegah disentri

Selanjutnya, getah kayu cendana sangat bermanfaat dalam membantu mencegah terjadinya disentri. Dengan mengkonsumsi getah kayu cendana secara teratur, Anda akan terhindar dari disentri.
3. Membantu mencegah gangguan pencernaan

Getah katu cendana juga bermanfaat dalam mencegah serta mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Baik itu maag, asam lambung, dan lain sebagainya.
4. Sebagai pembersih di saat menstruasi

Manfaat lain dari getah kayu cendana adalah mampu membersihkan rahim dari darah pada saat menstruasi. Dengan menggunakan formula ini, rahim Anda akan sehat dan terjaga.
5. Membantu mengatasi masuk angin

Manfaat lain dari getah kayu cendana adalah mampu membantu menngatasi masuk angin. Caranya adalah dengan meminum hasil seduhan getah kayu cendana yang sudah diseduh. Atau bisa juga dengan mengoleskan getah kayu cendana pada bagian perut sehingga dapat menghangatkan tubuh. dengan demikian, masuk angin bisa segera diatasi.
6. Membantu menghilangkan stress

Getah kayu cendana juga sangat ampuh dalam membantu menghilangkan stress. Dengan mengkonsumsi jenis tanaman ini, stress Andana akan hilang dengan sendirinya.
7. Membantu mengatasi kecemasan

Selain beberapa hal di atas, getah kayu cendana juga bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah kecemasan di dalam tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena salah satu kandungan yang ada di dalamnya.
8. Membantu melancarkan buang air kecil

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pola hidup yang sehat adalah dengan mencoba melancarkan buang air kecil karena buang air kecil sama dengan membuang berbagai jenis penyakit yang ada pada tubuh manusia. Salah satu cara alaminya adalah dengan menggunakan getah kayu cendana.
9. Dapat dijadikan sebagai anti septic

Getah kayu cendana sangat ampuh sebagai antiseptic yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari kuman dan bakteri yang mengganggu. Caranya cukup dengan mengoleskan getah pada bagian luar dan kandungannya akan melindungi Anda dari berbagai jenis kuman dan bakteri jahat yang mengundang penyakit.
10. Dapat mengobati penyakit jerawat

Manfaat lain dari getah kayu cendana adalah membantu mengobati jerawat pada kulit. Sebagaimana diketahui bahwa jerawat adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu rasa percaya diri dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Sehingga, Anda harus menemukan formula yang paling cocok untuk mengatasinya. Salah satu formula alami yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan getah kayu cendana.

Komentar